Senin, 25 November 2013

Perkembangan MAC OS pada apple dari masa ke masa


Meski bukan salah satu penggunanya, saya yakin pastinya banyak dari kita sudah akrab dengan sistem operasi Macintosh atau yang biasa disebut Mac OS ini, bukan begitu? Ya, selain dikenal lewat kecantikan tampilannya, OS ini juga merupakan salah satu OS besar dan bersaing dengan Windows maupun Linux. Nah, mungkin di antara kita penasaran dengan sejarah dari perkembangan Mac OS itu sendiri? Di bawah ini adalah sekilas perkembangan Mac OS dari masa ke masa.


24 Januari 1984mesran.net

Adalah tanggal dimana Mac OS pertama dirilis. Waktu itu nama yang digunakan adalah System 1. OS ini juga dikenal sebagai satu-satunya OS yang sepenuhnya menggunakan tampilan grafis (GUI) pada masa itu, dan GUI sendiri akhirnya menjadi pionir akan perkembangan OS lain.


Januari 1986

Apple merilis System 3. Pada versi ini, menu file sistem ala hirarki (seperti di Mac OS dan Linux saat ini) diperkenalkan.

13 Mei 1991

System 7 resmi diperkenalkan. System 7 ini merupakan salah satu OS milik Apple yang mempunyai masa pakai cukup lama, yakni dari 1991 hingga 1997.

Januari 1997

Mac OS 7.6 dirilis. Ini adala versi OS Apple pertama yang menggunakan nama Mac di depannya, sebelumnya hanya ditulis “System” dan angka rilis.

22 Juli 1997

Mac OS 8 diluncurkan. Versi ini juga merupakan penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dipecat. Mac OS 8 sendiri terjual hingga 3 juta kopi hanya dalam enam bulan saja.


23 Oktober 1999

Tanggal perilisan Mac OS 9. Oleh Apple versi ini dipandang sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X.


24 Maret 2000

Kali pertama Apple menggunakan nama Mac OS X, versi terpopuler dalam sejarah Mac OS. Versi ini membawa sejumlah perubahan besar pada sisi desain,  terutama Aqua, tampilan khas Mac yang membuat Mac terlihat semakin elegan dan modern. Versi ini juga merupakan debut aplikasi beken milik Mac, yaitu Dock. Kode nama Mac OS X ini adalah Cheetah.

23 Agustus 2002

Mac OS X 10.2 resmi dirilis. Kode nama kali ini adalah Jaguar.


29 April 2005

Mac OS X 10.4 dengan kode nama Tiger diperkenalkan. Tiger adalah versi Mac yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Kepopulerannya terbukti dengan terjualnya Mac OS X 10.4  ini sebanyak 2 juta kopi dalam jangka waktu enam minggu saja. Selain itu Tiger juga menjadi Mac pertama yang menggunakan Intel setelah sebelumnya menggunakan PowerPC.

26 Oktober 2007

Mac OS X 10.5 Leopard dirilis. Ada beberapa perubahan mencolok pada Leopard ini, yakni Cover Flow di Finder, dan fitur Time Machine yang menjadi jualan utamanya.


20 Juni 2011

Mac OS X 10.7 dirilis. Kode nama untuk Mac ini adalah Lion. Ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui pada versi ini, diantaranya integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac. Selain itu, Lion menjadi Mac pertama yang bisa diunduh di App Store seharga $29.


16 Februari 2012

Apple memperkenalkan Mac OS X 10.8 atau Mountain Lion. Beberapa fitur yang ada di sini diantaranya adalah iMessage, integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar